Inilah Mengapa Air Laut itu Asin

Inilah Mengapa Air Laut itu Asin – mungkin ada beberapa sahabat yang juga ingin tahu tentang jawaban dari sebuah pertanyaan ” Kenapa Air Laut itu Berasa Asin? “, mungkin beberapa penjelasan dari berbagai sumber referensi berikut ini dapat memberikan wawasan mengenai jawaban atas pertanyaan tersebut di atas tadi.

Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi dan berhubungan dengan samudra, memisahkan dan/atau menghubungkan suatu benua dengan benua lainnya dan/atau pulau dengan pulau lainnya.

Bumi sendiri dari kurang lebihnya diisi oleh Air laut yang merupakan campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya mengisi bagian bumi kurang lebih seluas diatas 70% dari keseluruhan luas bumi.

Inilah-Mengapa-Air-Laut-itu-Asin
Inilah-Mengapa-Air-Laut-itu-Asin

Inilah Mengapa Air Laut itu Asin

Tahukah sahabat kalau ternyata garam yang ada di laut berasal dari bebatuan di darat. Jadi hujan yang jatuh di darat mengandung beberapa karbon dioksida terlarut dari udara sekitarnya. Hal ini menyebabkan air hujan menjadi sedikit asam karena asam karbonat (yang terbentuk dari karbon dioksida dan air).

Saat hujan mengikis batu, asam di air hujan memecah batu. Proses ini menciptakan ion, atau partikel atom bermuatan listrik. Ion-ion ini terbawa arus mengalir ke sungai dan, akhirnya, ke laut. Banyak ion terlarut digunakan oleh organisme di laut dan dikeluarkan dari air. Yang lain tidak terbiasa dengan waktu sepanjang waktu dimana konsentrasinya meningkat seiring berjalannya waktu.

Dua dari ion yang paling umum di air laut adalah klorida dan natrium. Bersama-sama, mereka membentuk lebih dari 90 persen semua ion terlarut di lautan. Sodium dan Klorida adalah berasa ‘asin’.

Konsentrasi garam dalam air laut (salinitas) sekitar 35 bagian per seribu, rata-rata. Dinyatakan dengan cara lain, sekitar 3,5 persen dari berat air laut berasal dari garam terlarut.(NOAA)

Baca juga : Berkenalan Dengan Hiu Berjalan Yang Imut

Dalam referensi lain juga diterangkan bahwa Air tawar yang sampai ke laut menguap membentuk awan. Namun, natrium, klorida dan ion lainnya tertinggal, di mana mereka menumpuk dari waktu ke waktu untuk memberi rasa asin khas laut. Ventilasi hidrotermal di dasar laut melepaskan mineral terlarut tambahan, termasuk lebih banyak sodium dan klorida, yang selanjutnya berkontribusi pada sifat laut yang asin. (USGS)

Semoga beberapa referensi yang menjelaskan tentang kenapa air laut berasa asin ini dapat menambah wawasan sahabat tentang kehidupan dan aktifitas yang ada dalam dunia kita. semoga bermanfaat.

 

referensi :

http://water.usgs.gov/edu/whyoceansalty.html

https://oceanservice.noaa.gov/facts/whysalty.html

Inilah Mengapa Air Laut itu Asin